Sunday, December 27, 2020

Madu Klanceng dan Berbagai Macam Khasiatnya

madu klanceng

Madu Merupakan Bahan Nektar yang diperoleh oleh lebah dari bunga-bunga. Nektar ini kemudian akan dikumpulkan pada sarang lebah. Di dalamnya akan mengalami tiga proses pengolahan hingga sampai menjadi madu.

madu dikenal banyak memiliki segudang khasiat yang sangat berguna bagi tubuh. salah satu jenis madu yang cukup popouler di masyarakat adalah Madu Klanceng. Madu Klanceng adalah madu khusus yang dihasilkan lebah tak bersengat, yaitu Trigona sp. Lebah ini menggunakan gigitan sebagai cara untuk bertahan dari ancaman yang menggantikan peran dari sengat yang mereduksi. 

khasiat madu lebah Klanceng : 

1. Kaya Antioksidan

madu klanceng memiliki senyawa antioksidan bernama protacatechuic acid (PCA), 4-Hydroxphenylacetic acid, dan serumen. PCA merupakan antioksidan kuat yang terbukti dapat mempercepat penyembuhan luka.

2. Antibakteri

Manfaat madu klanceng ini datang dari kandungan hidrogen peroksida, flavonoid senyawa fenolik, dan peptida antibakterial. madu klanceng dapat menyembuhkan infeksi akibat bakteri E. Coli, B. subtilis, P. Syringae, M. luteus, B. megaterium, dan B. brevis. Hidrogen perokside juga merangsang produksi sitokin yang merupakan respon tubuh untuk membunuh bakteri jahat. Hidrogen Peroksida dapat menarik leukosit ke daerah luka serta dapat menstimulasi limfosit B, limfosit T dan neutrofil untuk melawan bakteri.

3. Antiperadangan

Berikutnya madu klanceng juga mengandung senyawa fenolik yang dapat melawanproses peradangan di dalam tubuh fungsi ini mirip dengan reaksi antioksidan yang dapat mencegah terjadinya stres oksidatif yang dapat mengakibatkan munculnya berbagai masalah kesehatan pada tubuh.


Ciri Khas madu Klanceng

Lebih Asam 

madu kerap identik dengan rasanya yang manis, tak terkecuali madu klanceng, hanya sajam kamu juga akan merasakan sedikit asam pada madu klanceng karena kadar keasaman madu ini mencapai 3.05-4,55

Lebih Mahal

mengapa madu klanceng lebih mahal daripada madu lainnya? madu klanceng berharga lebih mahal dari madu biasa karena memang lebah klanceng tidak menghasilkan madu yang berlimpah, yakni 100-200 ml saja per 3 bulan. meskipun demikianm peminat lebah klanceng terbilang sangat banyak, lebahnya pun relatif lebih mudah dibudidayakan, lebah ini tidak bersifat agresif dalam mempertahankan sarangnya sehingga berisiko kecil menimbulkan cedera pada manusia akibat gigtan lebah.


KOMENTAR DISINI GAN!!

0 komentar