Monday, October 4, 2021

Penyebab CVT Gredek Pada Motor Vario 150

hi, pernah gak kalian ngerasa kalau tarikan awal vario tuh gredek CVT nya, apalagi kalau pas lagi macet macetan, gredeknya sampe ke tulang tulang wkwkwk. Nah menurut riset mekanik tiktok, ada beberapa penyebab gredeknya CVT vario nih ngab. yaitu : 

Mangkok Kampas Ganda Kotor

Penyebab kotornya mangkok kampas ganda disebabkan debu yang masuk ke dalam blok CVT. sehingga pergesekan antara kampas dan mangkok menjadi licin dan tidak mencengkram secara sempurna. solusinya ganti mangkok kampas ganda yang ori menjadi kampas ganda yang berlubang seperti gambar dibawah ini.
Mangkok Lobang vario 150
sc : tokopedia

fungsi lubang disisi atas mangkok adalah untuk membuang panas dari gesekan yang terjadi. dan 3 lubang kecil disisi samping pada mangkok adalah untuk mengoptimalkan daya cengkram antara kampas dengan mangkok.

Per CVT/Per kampas ganda yang berat
penggunaan per cvt yang berat juga berpengaruh pada performa motor matik. Apalagi jika per CVT yang berat ditambah Mangkok Kampas ganda yang sudah kotor malah bikin motor gredek mulu gak jalan jalan wkwkwk. Solusinya ganti per CVT ke merk aftermarket yang sudah teruji dan sesuai spesifikasi kendaraan anda supaya lebih awet untuk penggunaan harian. 

Kampas Ganda sudah aus
Kondisi kampas ganda juga harus diperhatikan. jika sudah puluhan ribu kilo meter dan belum ganti kampas ganda. hati hati boros bbm gan HAHA. karena kampas ganda yang aus, tidak semua bagian permukaan kampas yang menempel pada mangkok, cuma sebagian saja yang menempel. akibatnya motor bisa menjadi gredek dan kurang bertenaga alias ngeden doang lari kagak. solusinya. ganti Kampas ganda menggunakan merk aftermarket yang tapaknya lebih lebar dan menggunakan bahan carbon supaya lebih awet untuk harian. 
kampas ganda Vario 150
sc : tokopedia



setelah saya uji dan praktikkan pada motor saya, sudah terasa smooth tarikannya dan makin bertenaga. jika ada yang ingin ditanyakan silahkan komentar dikolom komentar ya gan. terimakasih.

KOMENTAR DISINI GAN!!

0 komentar