Tuesday, December 25, 2018

Panduan Dasar Membuat Denah Rumah Menggunakan AutoCAD


Hai, kali ini saya ingin memberi sedikit tips dan tutorial dasar membuat denah di AutoCad. AutoCad adalah software untuk desain 2 dimensi. AutoCad mempunyai banyak command atau perintah. Jika kalian pemula pasti akan kebingungan apa yang harus pertama kali dilakukan saat membuka AutoCad. Tapi tenang, disini saya akan memberi tips dan trick dasar membuat denah di AutoCad untuk pemula. Tak usah berlama-lama, kita lanjut ke tutorial nya

membuat denah dengan autocad

Pertama buka AutoCad. AutoCad punya saya versi 2013. Jangan khawatir jika kalian punya AutoCad yang berbeda, pada intinya sama saja kok.

Ketik “LINE “ Tanda petik. Jika tidak muncul. Tekan ESC dulu pada keyboard kalian. Jika sudah muncul LINE-nya. Enter saja.
line


Lalu klik untuk membuat posisi pertama garis dan geser ke posisi akhir yang di inginkan. Jika kalian membuat denah rumah. Maka buatlah dinding terluarnya terlebih dahulu.
tembok denah


Jika sudah. Lanjut membuat denah ruang dan kamarnya. Jangan membuat pintu dulu. Buatlah garis untuk ruang dan kamar. Ketik “LINE” lagi, jika kalian ingin membuat ruangan tapi garus pertamanya tidak di pojok ruangan.  klik di sudut garis. Lalu geser ke tengah yang di inginkan lalu buat ruangannya.
membuat ruangan atau kamar di denah



Lanjut membuat pintu. Tekan ESC pada keyboard terlebih dahulu sebelum mengetik command lain. selanjutnya Ketik “CIRCLE” lalu enter

Buat circle lalu tempatkan ke pojok ruangan yang akan dibuat pintu, untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini.
membuat circle pintu


Jika sudah, tekan CTRL+A lalu ketik “TRIM” lalu enter.
Hilangkan bagian CIRCLE yang tidak diperlukan sehingga membuat sebuah pintu.
trim
trim
klik bagian yang tidak diperlukan


jika ingin membuat 2 pintu, buat saja 2 circle yang bersebelahan. lalu trim seperti gambar dibawah ini

2 pintuhasil 2 pintu


Jika sudah membuat denah, langkah selanjutnya adalah membuat text untuk memberi nama ruangan. Saya akan memberikan contoh untuk memberi nama RUANG TAMU.  Klik text pada menu bar. Lalu klik kan pada denah yang akan diberi nama.
Jika kurang besar, klik pada text lalu ketik SCALE lalu enter, klik pada text nya lagi lalu geser kursor sehingga mendapati ukuran yang sesuai.
hasil akhir


Lanjutkan ke ruangan lainnya. Sehingga hasilnya tampak seperti gambar berikut.
Sekian dulu tutorial singkat yang bias saya presentasikan. Semoga mudah dipahami dan bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan komen dibawah atau kirim email saja 😊


KOMENTAR DISINI GAN!!

0 komentar